Bila anda mempunyai waktu luang maka hendaknya anda tidak perlu perawatan ke bengkel. Cukup membaca apa yang akan saya tulis nanti pasti anda bisa mengerjakan sendiri di rumah.
Selamat membaca....
Selamat membaca....
Melepas rem cakram :
1. Parkir kendaraan pada permukaan lantai yang bersih dan rata.
2. Angkat kendaraan dengan dongkrak dan stand pengaman.
3. Tempatkan penutup di atas lantai yang bersih.
4. Secara hati-hati turunkan permukaan fluida/cairan rem dengan sebuah alat penghisap reservoir/tandonnya.
5. Pasang kembali tutup pada silinder master.
6. Lepaskan tutup hubnya dan tempatkan tutup dengan menghadap ke atas di lantai bawah.
7. Naikan bagian depan kendaraan dengan dongkrak dan amati apakah semua telah aman.
8. Lepaskan mur roda dan rodanya.
9. Sesudah dipilih dengan benar kubci soket dan sebuah batang lepaskan kedua baut pemasang kaliper, jika pipa saluran braket ditempatkan pada suatu baut pemisah harus dilepaskan, dalam beberapa hal pelindung dipasang pada kaliper, jika begitu sekrupnya harus dilepaskan.
10. Tekan kanvas rem keluar dari rem piringan.
11. Naikkan unit kaliper dan lepas dari rem disk.
12. Secara hati-hati gantunglah unit kaliper dengan sesuai kawat yang dipasang pada casisnya.
13. Lepas tutup pelumas dari hub.
14. Tarik mur poros dan waser serta tempatkan di sebelah tutup pelumas.
15. Geser hub dari poros dengan ditopang oleh salah satu tangan di bawah hub.
16. Jepit piringan antara ganjal lunak di ragum.
17. Beri tanda hub dan piringan dengan sebuah pelubang (senter punch).
18. Pakailah kunci socket yang cocok, lepaskan piringan melalui baut pengaman hub.
19. Lepaskan baut dan waser penguncinya.
20. Pisahkan antara hub dan disknya.
langkah pemasangan komponen urut dari langkah pembongkaran dari bawah..
semoga bermanfaat.. ;-)
1. Parkir kendaraan pada permukaan lantai yang bersih dan rata.
2. Angkat kendaraan dengan dongkrak dan stand pengaman.
3. Tempatkan penutup di atas lantai yang bersih.
4. Secara hati-hati turunkan permukaan fluida/cairan rem dengan sebuah alat penghisap reservoir/tandonnya.
5. Pasang kembali tutup pada silinder master.
6. Lepaskan tutup hubnya dan tempatkan tutup dengan menghadap ke atas di lantai bawah.
7. Naikan bagian depan kendaraan dengan dongkrak dan amati apakah semua telah aman.
8. Lepaskan mur roda dan rodanya.
9. Sesudah dipilih dengan benar kubci soket dan sebuah batang lepaskan kedua baut pemasang kaliper, jika pipa saluran braket ditempatkan pada suatu baut pemisah harus dilepaskan, dalam beberapa hal pelindung dipasang pada kaliper, jika begitu sekrupnya harus dilepaskan.
10. Tekan kanvas rem keluar dari rem piringan.
11. Naikkan unit kaliper dan lepas dari rem disk.
12. Secara hati-hati gantunglah unit kaliper dengan sesuai kawat yang dipasang pada casisnya.
13. Lepas tutup pelumas dari hub.
14. Tarik mur poros dan waser serta tempatkan di sebelah tutup pelumas.
15. Geser hub dari poros dengan ditopang oleh salah satu tangan di bawah hub.
16. Jepit piringan antara ganjal lunak di ragum.
17. Beri tanda hub dan piringan dengan sebuah pelubang (senter punch).
18. Pakailah kunci socket yang cocok, lepaskan piringan melalui baut pengaman hub.
19. Lepaskan baut dan waser penguncinya.
20. Pisahkan antara hub dan disknya.
langkah pemasangan komponen urut dari langkah pembongkaran dari bawah..
semoga bermanfaat.. ;-)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar